RSS

SAWO

03 Jul

Mengenal Tanaman Sawo

Tanaman sawo adalah tanaman yang berbatang besar, bertajuk lebar, dan tingginmya dapat mencapai 15-20M. sawo di Indonesia biasanya dipakai untuk menyebut tanaman bergetah dari jenis ACHRAS Zapota, suku Sapotaceae. Jenis lain yang berhak menyandang sebutan sawo adalah manilkara kauki yang biasa disebut sawo jawa atau sawo kecik, dan mimusops elengi yang biasa disebut tanjung. Tanaman lain yang juga mendapat sebutan sawo adalah Lucuma Nervosa yang biasa disebut sawo ubi atau Alkesa, Chrysophillum Cainito yang biasa disebut sawo duren atau sawo bludru.

Sejarah Tanaman Sawo

Pemeliharaan tanaman sawo sebagai tanaman budidaya telah dilakukan suku indian maya sekjak 1600 SM. Para pelaut Spanyol pada abad ke-15 membawa tanaman ini ke Filipina tepatnya di manila dan akirnya tersebar ke indonesia.

Tanaman sawo atau Achras Zapota banyak dibudidayakan sebagai tanaman penghasilan buah di indonesia,kamboja,Thailand,india dan srilangka. Tanaman ini sering dianggap tanaman asli indonesia, padahal sebenarnya merupakan tanaman pendatang dari gua temala amerika selatan. Disana tanaman ini  tersebar di meksixo bagian selatan hingga kolombia dan Venezuela.

Dinegeri asalnya, tanaman ini ditanam untuk dipetik buahnya melainkan disadap getahnya untuk di ekspor ke amerika serikat sebagai bahan utama pembuatan permen karet dan perekat. Getah sawo mengandung resin (40%), karbohidrat (17%), dan air (35%). Cara memperoleh getah itu bisa dengan cara menampungnya atau meremas buah sawo setengah masak. Cairannya ditampung, direbus, dan bahan permen karetnya akan terpisahkan.

Kulit batang (pepegan) sawo yang masih muda banyak mengandung saponin dan sedikit alkolaid, sedangkan kulit tua justru hanya berisi tannin. Tannin kulit batang sawo dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit panas dan diare.

Sumber

  • Yuyu Siti Safariyah : Tanaman Buah Dalam Pot Sawo
 
Leave a comment

Posted by on July 3, 2015 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: