RSS
Aside
20 Oct

bisnis merupakan suatu usaha dimanana akan terjadi satu interaksi antar yang satu dan yang lain, ada bebrapa faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di indonesia diantaranya

  • Investasi

Investasi adalah penggunaan sumber –sumber untuk menciptakan  model  baru.  Investasi bisa berupa uang juga bisa berupa barang/benda. Dengan investasi tersebut perusahaan akan mempunyai  modal  yang  akan digunakan untuk biaya oprasional. Fungsi dan pengaruh investasi sangat berlipat ganda  (multiplier).

  • Tabungan

Jumlah  yang  diputuskan oleh pekerja atau  yang lain untuk  di tabungkan akan menentukan kuat lemahnya  multiplier tersebut. Semakin banyak tabungan maka semakin sedikit pengeluaran dan semakin lebih keuntungan  yang  kita dapatkan dari tabungan tersebut. Tetapi tabungan tersebut merupakan suatu investasi untuk kita dimasa  yang  akan datang. Contohnya,  kita menyisihkan uang kita untuk menabung disalah satu  bank, semakin banyak saldo  yang  kita tanam maka akan semakin banyak kelipatan  yang  kita dapatkan dari tabungan kita tersebut, jika kita menabung dalam jumlah  yang  sudah mencapai nilai maksimum maka kita pun akan memperoleh hasil  yang  kita tanam tersebut, seperti mendapat undian rumah,  mobil,  emas, dll.

  • Pemerintah

Pemerintah juga dapat berperan sebagai pengelola  system  bisnis. Dapat terjadi bahwa apa  yang  dipinjam lebih besar dari apa  yang  diterima. Jika ini terjadi maka pemerintah mengalami defisit.  Pembelanjaan  yang  defisit Ini dapat menjadi masalah dan dapat juga tidak menjadi masalah,  tergantung dapat mendukung terjadinya inflasi,  contohnya pemerintah ,  melalui kebijaksanaan  “fisikal”  atau  “moneter”  dapat mempengaruhi kegiatan bisnis.

  • Lingkungan Ekonomi

Pasar menetukan daya beli seperti halnya  orang  banyak.  Daya beli keseluruhan merupakan fungsi dari pendapatan saat itu,  dalam lingkungan ekonomi  yang  mempengaruhi bisnis perusahaan diantaranya adalah tingkat pendapatan perkapita,  kebijakan-kebijakan pemerintah  (fisikal, moneter , perdagangan luar negeri dan neraca pembayaran . contohnya dengan munculnya pasar bebas dan kerjasama  regional  (blok blok ekonomi seperti  NAPTA,MEE) dapat menentukan daya beli seseorang dan merupakan suatu investasi  yang  menguntungkan.   ( alex  j.  sugianto )

  • Pangkalnya sistem kapitalise

Iklim bisnis di Indonesia yang tidak kondusif tersebut,dapat dibebaskan dari sitem kapitalisme yang ada. Karakter-karakter dasar sistem kapitalisme yang deskruktif telah menjadi faktor detrminan terhadap penciptaan iklim bisnis. Sebagai contoh, mengapa banyak pungli dan korupsi ? kemana larinya dan tanggung jawab  sosial birokrat ?  jawabannya dapat dilarikan pada satu karakter kapitalisme,yaitu menomorsatukan kepentingan pribadi (chapra,200). Adam smith dalam bukunya the wealth of nations (1776) hal. 27 menegaskan bahwa kepentingan pribadi merupakan kekuatan pembimbing bagi individu untuk melakukan aktivitas ekonomi. Kata adam  smith “ bukan karena kemurahan hati para tukang daging, pembuat bir, atau  tukang  roti  kita berharap dapat makan malam melainkan karena mereka mengejar kepentingan pribadi masing-masing”. (jalaudin,1991)

 

SUMBER   :  

 

faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di indonesia

 
Leave a comment

Posted by on October 20, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: